Dosen DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Indonesia, Kusmayra Ambarwati menerima penghargaan dari International Confederation of Midwives (ICM) pada Marie Goubran Agent of Change Award. Penghargaan berhasil diraih Kusmayra atas upaya dalam mengembangkan program pendidikan dan pendampingan kesehatan bagi ibu dan bayi sebagai upaya pencegahan kasus stunting.

Kegiatan ICM yang berlangsung di Dubai, UAE pada 6 – 9 September 2018 lalu merupakan konggres kombinasi antara anggota ICM wilayah Pasifik Barat, Asia Tenggara dan Mediterania Timur yang melibatkan lebih dari 45 negara. ICM menyelenggarakan program ini bersama Badan Sosial PBB seperti UNICEF, UNFPA, kemudian WHO, Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO), The International Council of Nurses (ICN), NGO, Pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi dalam pencapaian kesehatan ibu dan anak secara global.

Kusmayra mengajukan ide dan program dalam kegiatan tersebut dengan tema” Mom thorough their Collegue and Family, Mom to the Baby”. Merupakan kegiatan pendidikan dan pendampingan komunitas dalam upaya mencegah kejadian stunting.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memberikan pelayanan pendidikan kesehatan ibu dan anak secara komperehensif. Namun, juga memberikan pendampingan pada ibu yang memiliki bayi dengan risiko stunting yang tinggi melalu pertemuan kelompok dan sosial media. Melalui program ini, tim profesional kesehatan bidan, dokter, kesehatan masyarakat akan dilatih untuk berkolaborasi dalam program ini. Selain itu akan dilaksanakan program bulanan untuk penilaian dan pemberian pendidikan mengenai pencegahan stunting pada ibu yang memiliki bayi kurang dari 1 tahun. Saat ini program sedang akan berjalan dengan pembentukan tim khusus untuk pelatihan dan penilaian, serta platform on- line berupa aplikasi android.

Dosen DIV Bidan Pendidik Menerima Penghargaan ICM Di Dubai