Sambutan Kepala Program Studi :

Santi Agustina, MKes

Assalamualaikum wr. Wb

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan Rahmat dan Hidayah-Nya maka kami dapat mengembangkan website Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan URINDO. Dengan hadirnya website ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Prodi dan bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai Prodi D-III Kebidanan FIKes URINDO dengan lebih mudah dan akurat.

Selanjutnya

 

VISI Prodi D3 Kebidanan URINDO

Menjadi Program Studi Kebidanan yang unggul dalam konseling menyusui berbasis keluarga dengan berjiwa entrepreneur dan ramah lansia yang diakui secara internasional pada tahun 2033.

MISI Prodi D3 Kebidanan URINDO

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan yang menghasilkan tenaga bidan yang profesional dan berorientasi pada masyarakat yang unggul dalam konseling menyusui berbasis keluarga dengan berjiwa entrepreneur dan ramah lansia.
  2. Melaksanakan penelitian yang mampu dalam memecahkan masalah kesehatan ibu dan anak, serta kelanjutusiaan dalam pelayanan kebidanan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam melakukan promosi kesehatan bagi masyarakat khususnya kebidanan dan kelanjutusiaan yang berjiwa kewirausahaan.
  4. Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi yang efektif, efisien dan akuntabel.

TUJUAN

  1. Dihasilkannya tenaga Ahli Madya Kebidanan yang kompeten dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dengan keunggulan konseling menyusui berbasis keluarga dengan berjiwa entrepreneur dan ramah lansia.
  2. Dihasilkannya penelitian Kebidanan bidang kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi paripurna.
  3. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana dan kebidanan yang komplementer.
  4. Terwujudnya tata kelola Program Studi secara Profesional, akuntabel dan transparan.

 

LINK  PEMAHAMAN VMTS PRODI D3 KEBIDANAN FIKES URINDO:
https://bit.ly/PemahamanVMTS_D3Kebidanan

 

KOMPETENSI KELULUSAN PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN

  • Capaian Pembelajaran Sikap dan Keterampilan Umum
  1. a) Sikap Umum
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama, moral, dan filosofi, kode etik profesi, serta standar  kebidanan
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki  nasionalisme  serta  rasa  tanggungjawab  pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak-hak, potensi, privacy,  keragaman budaya/etnik dan keyakinan/agama
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam kehidupan berprofesi
  9. Menginternalisasi sesuai dengan nilai, norma, etika akademik
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan sebagai ahli madya kebidanan
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

b). Keterampilan Umum

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisis data
  2. Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur operasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan
  3. Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya
  6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarism

TENAGA PENGAJAR

  1. Santi Agustina, AM.Keb, SKM., M. Kes
  1. Dewi Nawang Sari, SST., M. Tr., Keb
  2. Lina Herlina, SST., M.Tr.Keb
  3. Izattul Azijah, SST., M. Kes
  4. Neneng Hasanah, SST., M. Kes
  5. Nani Aisyiyah, SST, M.Kes
  6. Yenni Ariestanti, SSiT, M.Kes
  7. Titik Widayati, SST, M.Kes
  8. Della Erriani Akaputri, SST, M.Tr.Keb
  9. Cicilia Windyaningsih, SKM, M. Kes
  10. Dra. Tri Suratmi, M. Pd
  11. Suryanih, S.Pd, M.Pd
  12. Miftahul Jannah, SST., M. Kes
  13. Fitria Sari, SST., M. Kes
  14. Yuna Trisuci Apriliia, SST., M. Kes
  15. Kusmayra Ambarwati, SST., M. Kes
  16. Ari Waluyo, SpOG(K), MARS
  17. Ismail Sangadji, SpA, MARS
  18. Dini Oktavia Kusumawardani, Am.Keb, ST, MM

TUJUAN DAN SASARAN :

  1. Bidang Pendidikan
Tujuan Sasaran
Dihasilkannya tenaga Ahli Madya Kebidanan yang kompeten dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dengan keunggulan konseling menyusui berbasis keluarga dengan berjiwa entrepreneur dan ramah lansia.

 

1.   Melakukan peninjauan kurikulum (Curriculum review ) dengan mengundang pemangku kepentingan dan alumni

2.   Mengembangkan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka(MBKM)  dalam proses pembelajaran

3.   Mengembangkan metode pembelajaran ke arah Student Centered Learning (SCL)

4.   Mahasiswa di beri berbagai macam  keterampilan untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan.

5.   Meningkatkan kompetensi dosen

6.   Peningkatan pembinaan mahasiswa melalui Pembimbing  Akademik (PA)

7.   Meningkatkan kerjasama dengan luar negeri dalam pengembangan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

  1. Bidang Penelitian
Tujuan Sasaran
Dihasilkannya penelitian Kebidanan bidang kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi paripurna.

 

1.    Mengundang stake holder  untuk memberikan masukkan tentang Roadmap penelitian.

2.    Mengadakan pelatihan metode penelitian dan penulisan jurnal nasional dan internasional dengan mengundang narasumber luar yag kompeten di bidangnya

3.    Mewajibkan dosen melakukan penelitian kelompok atau mandiri minimal 1 kali dalam 1 tahun

4.    Memfasilitasi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya  di berbagai kegiatan ilmiah

5.    Pelatihan penyususnan proposal penelitian dosen untuk hibah

6.    Melibatkan mahasiswa pada penelitian  khususnya bidang kewirausahaan dan kelanjutusiaan

7.    Meningkatkan penyerapan dana penelitian dosen tetap di Rencana Kerja dan Tahunan (RKAT) Program Studi setiap tahun

8.    Mengirimkan proposal hibah penelitian ke berbagai instansi pemerintah dan swasta

 

  1. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
Tujuan Sasaran
Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana dan kebidanan yang komplementer.

 

1.    Membentuk daerah binaan melalui Pos Daya sebagai perwujudan dari PKM

2.    Membuat rencana kerja tahunan yang memuat agenda tetap kegiatan PKM dengan keunggulan kewirausahaan dan kesehatan reproduksi paripurna

3.    Melibatkan masyarakat dan kader kesehatan serta instansi terkait dalam penyelenggaraan PKM

 

 

  1. Bidang Pengelolaan Prodi
Tujuan Sasaran
Terwujudnya tata kelola Program Studi secara Profesional, akuntabel dan transparan.

 

1.    Meningkatkan kemampuan SDM dalam pengelolaan Prodi

2.    Menyusun rencana peningkatan pengelolaan secara efektif dan efisien

3.    Mengembangkan sistem informasi yang baik dan berorientasi pada pemutakhiran, penyesuaian kebutuhan ak ademik, kemudahan, kelancaran akses dan keamanan

4.    Sistem informasi kemahasiswaan dan alumni

5.    Pengurusan  asuransi ketenagakerjaan dan asuransi kesehatan bagi seluruh dosen tetap dan tenaga kependidikan

6.    Peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan

7.    Adanya kegiatan untuk mempererat kekeluargaan bagi dosen dan tenaga kependidikan beserta keluarganya

8.    Pelatihan dosen sesuai dengan bidang keahliannya